Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

3 09 2010
Mudik adalah salah satu ’ritual’ yang sangat ditunggu-tunggu bagi warga pendatang dari luar daerah ketika liburan panjang atau menjelang hari raya. Namun, dibalik kegembiraan  akan bertemunya sanak saudara di kampung, kekuatiran  akan rumah yang ditinggal beberapa hari juga menjadi persoalan tersendiri bagi pemudik. Tidak sedikit rumah warga yang ditinggal mudik dimasuki oleh maling. Untuk mencegah hal tersebut, simak tips berikut ini:
  1. Hindari hal-hal yang dapat menunjukan bahwa rumah Anda kosong agar tidak menarik perhatian si pencuri. Tindakan tersebut misalnya dengan meminta kepada agen koran untuk tidak mengirimkan koran selama Anda pergi, menggunakan lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri dengan di setting terlebih dahulu waktu yang diinginkan. Selain itu cara lainnya adalah dengan meletakkan sandal/sepatu  didepan pintu rumah.
  2. Jangan biarkan barang-barang berharga seperti uang cash dan perhiasan diletakkan  di  lemari rumah. Sebaiknya uang dan perhiasan ditaruh di bank agar lebih aman.
  3. Pastikan semua pintu dan jendela terkunci sebelum meninggalkan rumah.
  4. Matikan semua listrik yang tidak digunakan, PAM, dan cabut selang gas serta kompor  untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran.
  5. Titipkan rumah kita ke tetangga yang tidak mudik atau informasikan kepada petugas keamanan dilingkungan rumah.
  6. Pasang alarm untuk mencegah masuknya pencuri ke rumah kita.
  7. Jika perlu, pasang camera tersembunyi di titik tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga selama Anda bepergian.Selamat bermudik ria!

(Okliviana/berbagai sumber)

Advertisements




Tips Aman Mudik

2 09 2010

Memang tradisi setiap tahun. Ada sebagian orang yang beranggapan, jika tidak mudik rasanya tidak enak. Karena rasa tidak enak itulah yang akhirnya memunculkan paradigma pada setiap orang, kalau pulang kampung adalah sebuah kewajiban. Orang kaya ataupun orang miskin jika waktunya mudik tiba semuanya ikut andil. Yang mempunyai kendaraan pribadi mungkin agak lebih santai dalam menyiapkan semuanya. Tapi bagaimana jika anda tidak memiliki kendaraan, apakah acara mudik juga gagal dilaksanakan?

Jangan takut untuk tidak bisa mudik, anda tetap bisa mudikdengan aman walaupun dengan menggunakan kendaraan umum. Bis contohnya. Bagaimana agar acara mudik anda dapat berjalan dengan lancar walupun hanya dengan menggunakan angkutan umum, dalam hal ini bis kota?

Jangan jadikan puasa sebagai penghalang mudik anda.
~ Jika anda berpuasa, jangan jadikan puasa anda menjadi penghalang dalam bertemu dengan sanak saudara. Untuk itu, coba cek kondisi tubuh anda apakah dalam keadaan fit atau tidak? Jika dirasa tubuh anda tidak nyaman, jangan memaksakan diri untuk pulang, Karena itu secara tidak langsung akan mengancam keselamatan anda. Kita tau akan kerawanan hipnotis belakangan ini, bahya hipnotis dapat menyerang orang-orang yang banyak melamun. Dan orang yang merasa tidak enak badan, akan cenderung lebih banyak melamun daripada dalam keadaan sadar. Untuk itu anda harus menyiapkan kondisi tubuh yang bugar juah-jauh hari sebelum waktu mudik anda.

Bawalah uang secukupnya saja.
~ Jangan membawa uang terlalu banyak. Bawa uang secukupnya saja, siapkan uang anda dalam ATM dan letakkan ATM anda dalam tempat yang berbeda, jangan letakkan ATM tersebut dalam dompet. Tips ini untuk mengantisipasi bahaya copet yang marak terjadi akhir-akhir ini. Jika anda kecopetan, ATM anda tidak ikut hilang bersamaan dengan hilangnya dompet anda bukan? Prepare kebutuhan dan merencanakan kejadian-kejadian selama anda mudik cukup membantu anda untuk menyediakan uang secukupnya. Selain itu, jangan simpan dompet anda dalam saku celana, simpan dompet dalam tas saja.(saat ini ATM cukup banyak tersedia dimana-mana, bahkan sampai ke beberapa desa pun ATM dapat jelas terlihat)

Perhatikan perhiasan yang anda pakai.
~ Jangan memancing para pencopet dengan menggunakan perhiasan yang sangat mencolok. Apalagi anda wanita dan mudik sendirian. Hal ini akan mengundang pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Tidak ada salahnya juga untuk belajar bela diri, selain untuk menyelamatkan diri anda. Anda juga dapat menyelamatkan orang lain jika sewaktu-waktu anda melihat aksi kejahatan.

Pelajari berbagai modus kejahatan
~ Mempelajari berbagai modus kejahatan yang marak terjadi belakangan ini, hal ini pastinya akan cukup membantu anda untuk lebih waspada dalam kendaraan umum.

Sediakan obat secukupnya.
~ Anda adalah orang yang mudah sakit, pusing misalnya. Coba siapkan obat-obatan yang cocok untuk anda dan letakkan tak jauh dari dalam tas, fungsinya, jika sewaktu-waktu anda butuh. Anda dapat dengan mudah menjangkaunya. Dan usahakan jangan memilih obat yang dosisnya dapat membuat anda mengantuk sepanjang perjalanan.

Mudik di awal waktu.
~ Tidak ada salahnya mudik di awal waktu untuk menghindari desak-desakan antar penumpang yang lainnya. Carilah kondisi aman disaat mobil-mobil belum terlalu ramai terisi.

Pilih yang memakai asuransi.
~ Cari Travel yang menyediakan asuransi bagi penggunanya. Asuransi sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu terjadihal-hal yang tidak diinginkan.

Bawa barang seadanya saja.
~ Bawa barang seadanya. Jangan membawa barang yang anda sendiri tidak sanggup membawanya, hal ini pasti akan menyulitkan anda selama diperjalanan. Mengurutkan barang/muatan berdasarkan tingkat kebutuhan akan sangat memudahkan anda selama diperjalanan. Dan letakkan barang-barang kebutuhan anda pada posisi atau tempat yang paling mudah dikelurkan agar tidak perlu membongkar ulang setiap kali anda membutuhkan sesuatu. Sangat mengefisienkan waktu yang anda punya bukan?

Nomor telepon penting.
~ Catat beberapa nomor telepon penting. Jika sewaktu-waktu di jalan anda mengalami kendala, tidak ada salahnya mengantongi , nomor telpon polisi, Jas marga, atau info tol.

Teman selama perjalanan anda.
~ Perjalanan yang panjang akan membuat anda sangat suntuk di jalan, apalagi jika anda mudik seorang diri. Ingin mengajak orang lain bicara, mungkin anda agak sedikit segan. Tidak ada salahnya untuk mambawa buku bacaan untuk menemani perjalanan mudik anda. Selain itu jika anda gemar mendengarkan musik melalui HP usahakan membawa beberapa baterai cadangan, agar jika sewaktu-waktu baterai anda habis, anda tidak perlu pusing jika ingin menggantinya. Selain itu tidak ada salahnya untuk membawa Mp3 player, jika anda tidak ingin batere handphone yang anda punya habis sia-sia.Kapasitas dalam MP3 tentunya lebih banyak diandingkan anda menyimpannya dalam Handphone.

Tinggalkan pesan pada orang-orang disekitar anda.
~ Sebelum anda mudik, ada baiknya anda menitipkan pesan pada orang yang dapat anda percayai. Jangan menitipkan kunci rumah pada orang yang tidak amanah. Anda dapat menitipkan kunci tersebut pada petugas RT atau petugas keamanan yang sering berjaga-jaga di komplek perumahan anda. Selain itu mintalah pada petugas tersebut untuk menyalakan lampu rumah pada jam-jam tertentu, jangan sampai rumah anda terlihat tak berpenghuni karena ditinggalkan pemiliknya.
Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat bagi Anda. Selamat Mudik!





Petunjuk Aman Penggunaan Gas Elpiji 3kg

18 07 2010

Silahkan di download Gratis..!

Petunjuk Aman Penggunaan LPG 3 Kg-1





Dari Pulau Buru Menjadi Penyelamat Anak Autis Hiperaktif

10 07 2010

Bersahaja. Kesan itulah yang terpancar kuat dari sosok Eko Tunggono. Dengan tubuh sedang namun kokoh dan kulit yang legam terbakar matahari Eko Tunggono lebih mirip seorang petani daripada seorang akupunturis mumpuni.

Namun kesan itu tak sepenuhnya keliru. Jauh sebelum…

Ingin Pesan Hub. 0857 1533 9772





10 tips agar menjadi wanita yang mandiri

5 07 2010

Tips, cara agar menjadi wanita yang mandiri. Jadi cewek mania? Udah bukan jaman deh. Sebaliknya, yang dibutuhin saat ini adalah kemandirian. Emang nggak gampang sih melakukannya. Tapi, jadi cewek mandiri, banyak manfaatnya Iho. Mau tahu caranya:

1. Hal Sepele
Kalo bisa, untuk menyelesaikan hal sepele seputar pribadi kamu nggak perlu dech minta bantuan orang lain. Selesaikan sendiri. Misalnya bersihkan kamar en beresin meja belajar. Toh, itu wilayah privacy kamu juga khan?


2. Be A Tuff Girl
Sebagai cewek, emang kamu identik dengan sikap lemah lembut. Tapi jangan karena stereotipe itu kita malah terkesan lemah en manja. Sekali waktu kita juga kudu bisa tunjukkin kalo kita kuat. Tunjukkin kalo kamu adalah tuff girl yang nggak gampang menyerah dalam segala hal.

3. Jangan Bergantung
Biasanya, kamu yang baru mulai beranjak dewasa sering tergantung banget ama ortu. Apa-apa maunya ama ortu, kemana-mana minta dianter. Emang itu baik sich, tapi kalo udah jadi kebiasaan yang keterusan selain ngerepotin ortu, kapan kamu belajar mandirinya?

4. Tekan Ego.
Untuk jadi mandiri, kamu juga kudu menekan ego kamu. Jangan maunya menang sendiri. Kalo kamu biasa egois, bakal jadi manja tuch. Semua maunya diturutin. Itu yang dilarang banget dalam proses belajar menuju cewek mandiri.

5. Jangan Main Perintah.
Nah, ini juga penting. Jangan sukanya main perintah, baik ama sodara, ortu or pembantu sekalipun. Biarpun mereka memang dibayar buat ngebantu urusan rumah tangga, selama kamu bisa ngerjain sendiri ya kerjakan aja. Don’t be lazy girl.

6. Selesaikan Tugas.
Mandiri berarti kamu juga punya tanggung jawab. Jadi untuk belajar mandiri, kamu juga kudu belajar buat bertanggung jawab ama tugas kamu. Tentunya kamu harus menyelesaikan tugas kamu sendiri. Kalo dari awal udah biasa nyontek en tergantung ama temen, wan., bisa keterusan males berusaha dech.

7. Jadi Pemimpin.
Pasti bingung, apa hubungannya pemimpin dengan mandiri. jangan salah, seorang pemimpin dituntut untuk bisa mandiri. Selain bisa mengurus diri sendiri, pemimpin juga diharuskan bisa mengurus anak fouahnya. Makanya, kalo dicalonin jadi ketua kelas or ketua OSIS, kamu nggak perlu takut. Ambil aja kesempatan itu. Bisa juga Iho dijadiin media buat belajar mandiri.

8. Kegiatan Out Door.
Kalo di rumah mungkin kamu udah ngerasa mandiri, kamu juga perlu buat ngetes sampe seberapa kemandirian kamu. Mi-salnya, kamu bisa ikutan kegiatan outdoor. Beberapa hari jauh dari ortu bisa buat kamu sadar kalo kemandirian itu penting. Karena di sana terpaksa kamu dituntut buat bisa ngelakuin semuanya sendiri tanpa bantuan ortu.

9. Dengar Pendapat.
Mintalah pendapat dari ortu or temen deket. Apakah kamu udah termasuk mandiri. Karena mereka yang tahu gimana kamu sehari-harinya. Dengan mendengar pendapat en masukan dari keluarga juga orang terdekat, pasti bisa membantu kamu buat lebih mandiri lagi.

10. Minta bantuan.
Bukan karena pengin dibilang cewek mandiri, kamu jadi nggak mau sama sekali minta bantuan orang lain. Sesekali kamu boleh kok minta bantuan orang. Apalagi kalo kamu ngerasa nggak mampu menghandle, nggak perlu malu dech

Nah, itulah 10 tips agar menjadi wanita yang mandiri. Selamat mencoba..!

sumber:1puisi.blogspot.com





Kini, Mereka Percaya Diri…

20 06 2010

BREBES, KOMPAS.com – Itulah yang dikatakan Daryati, ibu 3 anak, yang sehari-harinya bekerja sebagai petani bawang di Desa Larangan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Daryati seorang ibu rumah tangga yang kini harus membanting tulang demi kelangsungan hidup dan pendidikan ketiga anaknya. Sejak tahun 2008 lalu, suami Daryati pergi begitu saja tanpa pesan. Statusnya “cerai gantung”. Namun, Daryati tak memusingkannya lagi. Kini ia dan ratusan rekannya sesama janda yang menjadi perempuan kepala keluarga, mulai percaya diri. Mereka mengikuti berbagai pelatihan yang dilakukan oleh lembaga donor maupun bantuan dari perusahaan-perusahaan yang berorientasi pada pengembangan pengetahuan para perempuan di wilayah pinggiran. Ibu-ibu ini di bawah asuhan Sekretariat Nasional (Seknas) Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). Daryati yang tak lulus SD ini mengikuti program kejar paket A.

“Sekarang saya sudah bisa membaca, sudah bisa menghitung. Dulu saya bodoh, dibohongin suami saya. Enggak bisa ngitung dibohongin tetangga. Sekarang sudah tahu bikin usaha,” kata Daryati, seusai mengikuti pelatihan manajemen usaha melalui program “Dove Sisterhood” di Aula Kecamatan Larangan, Brebes, Jumat (18/6/2010) lalu.

Dove Sisterhood merupakan program Dove yang mengimplementasikannya dengan memberikan pelatihan dan bantuan modal usaha bagi para perempuan kepala keluarga, salah satunya di Brebes. Dalam pelatihan ini, ratusan ibu distimulasi untuk merencanakan usaha apa yang akan dibangun dalam tim. Total, terdapat 10 tim yang akan menjalankan usaha secara bersama. Jenis usahanya, pembibitan bawang dan penjualan bawang.

Daryati, yang awalnya buta huruf, kini berani tampil sebagai salah satu ketua tim. Bersama timnya, Daryati akan mengelola modal yang didapat. Sistem yang diterapkan adalah bagi hasil. Sekitar 20 persen akan dikembalikan ke Lembaga Keuangan Mikro yang menampung segala bantuan modal yang didapat untuk diputar kembali. Sisanya, yang 80 persen, akan dibagi oleh anggota kelompok.

Kepercayaan diri pun tak hanya dirasakan Daryati. Maryani (56) juga merasakan hal yang sama. Ibu empat anak, yang suaminya sudah berpulang ini, harus bangkit. Tujuh tahun sudah ia menjadi petani bawang, tak lagi buruh. Sebelumnya, saat sang suami masih hidup, Maryani lebih banyak menggantungkan kebutuhan keluarga pada suaminya yang bekerja di Kantor Kecamatan Larangan. Ia sendiri bekerja sebagai buruh tani yang menggarap lahan pemilik modal. Penghasilannya, bagi hasil dengan orang yang memberinya modal menanam bawang. Hasil yang didapat tak sebesar jika sendiri menjadi petani yang memiliki modal sendiri.

“Setelah suami meninggal, saya harus berpikir bagaimana bisa dapat penghasilan lebih. Salah satunya, jadi petani, enggak buruh lagi. Akhirnya, saya ikut pelatihan PEKKA dan pelatihan-pelatihan lain, jadi percaya diri. Awalnya kurang pede, kurang pengalaman, kurang berani. Sekarang tambah teman, modal juga nambah,” katanya sambil tertawa.





10 Kelebihan Wanita daripada Pria

6 06 2010

Kebanyakan wanita tentunya mengagumi kaum lelaki. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa ternyata wanita memiliki beberapa kelebihan yang mengagumkan dibandingkan dengan laki-laki. Hal tersebut dirangkum Cosmopolitan, dan berikut hasilnya:

1. Perempuan berevolusi menjadi semakin cantik
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita berevolusi menjadi lebih cantik, sementara laki-laki begitu-begitu saja. Dalam penelitian terhadap lebih dari dua ribu orang selama empat dekade, disimpulkan bahwa perempuan berpenampilan menarik memiliki anak 16 persen lebih banyak daripada yang berpenampilan biasa-biasa saja. Lebih lanjut lagi, ternyata kemungkinan wanita-wanita cantik tersebut memiliki anak perempuan sebagai anak pertama lebih besar 36 persen dari yang lainnya.

2. Perempuan lebih sering selamat dari kecelakaan mobil
Hal ini menyedihkan, namun begitulah kenyataannya. Berdasarkan penelitian oleh Universitas Carnegie Mellon, di Pittsburgh, Amerika Serikat, laki-laki 77 persen lebih berisiko meninggal dalam kecelakaan mobil dibanding perempuan. Seharusnya, para pria berterimakasih pada wanita yang cerewet menyuruhnya mengenakan sabuk pengaman.

3. Perempuan lebih mudah merasa nyaman
Berdasarkan survei pada dua ribu orang, ternyata wanita jauh lebih mudah membicarakan masalahnya dibandingkan laki-laki. Sebanyak 53 persen wanita membicarakan masalahnya pada teman-teman mereka, sementara laki-laki yang menceritakan masalahnya hanya 29 persen.

4. Wanita lebih tahan resesi

Menurut sebuah Biro Statistik Tenaga Kerja, sebanyak 80 persen orang yang kehilangan pekerjaan, sejak Desember 2007, adalah laki-laki. Hal ini kemungkinan disebabkan karena lapangan pekerjaan yang didominasi prialah yang paling keras terkena dampak resesi global. Memang menyebalkan, tetapi mungkin sudah waktunya kaum Adam beralih pekerjaan menjadi perawat atau guru.

5. Wanita lebih sering lulus perguruan tinggi
Seperti kita ketahui, wanita lebih banyak terdaftar di perguruan tinggi dibandingkan laki-laki. Sebuah statistik mengungkapkan bahwa laki-laki yang lulus dan mendapatkan gelar sarjana juga ternyata lebih sedikit daripada wanita. Kebanyakan laki-laki ternyata membutuhkan waktu lebih lama dari lima tahun untuk menyelesaikan kuliah mereka.

6. Wanita makan lebih sehat

Penelitian pada sekitar 14 ribu orang yang dilakukan oleh University of Minnesota, AS, menunjukkan bahwa wanita lebih banyak memilih makanan sehat dibanding pria. Ketika pria lebih suka makan makanan beku atau cepat saji seperti daging merah dan pizza, para wanita justru menaruh sejumlah buah dan sayuran dalam piring mereka. Memang terdengar sehat, namun wanita juga harus mengobati kecanduannya pada coklat yang sulit dihilangkan.

7. Kekebalan tubuh wanita lebih kuat
Tak heran bila laki-laki bertingkah layaknya seorang bayi ketika mereka terserang flu. Kenyataannya, wanita memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibanding laki-laki. Ketika terjadi pertempuran dalam tubuh, wanita memiliki senjata rahasia yakni hormon estrogen. Penelitian dari McGill University, Kanada, menunjukkan bahwa estrogen dapat mengatasi enzim yang mengganggu pertahanan tubuh terhadap bakteri dan virus.

8. Wanita berumur lebih panjang
Di antara populasi dunia, sebanyak 85 persen orang yang berusia lebih dari 100 tahun adalah wanita. Menurut penelitian New England Centenarian, umumnya wanita hidup lima hingga 10 tahun lebih lama dibanding pria.

9. Wanita dapat menjadi bos yang lebih baik

Hal ini mungkin sedikit kontroversial. Beberapa ahli dengan yakin berpendapat bahwa kaum wanita dapat menjadi bos yang lebih hebat daripada laki-laki. Hal ini disebabkan karena wanita adalah pendengar dan mentor yang lebih baik. Selain itu, wanita juga dapat menyelesaikan masalah dengan lebih baik, dan mengerjakan dua hingga tiga pekerjaan sekaligus. Dalam sebuah artikel Daily News, baru-baru ini, seorang ahli mengatakan bahwa saat ini perekonomian lebih berorientasi pada pelayanan, sehingga karyawan yang bisa menjadi penyemangat lebih diperlukan. Wanita dinilai sebagai penghubung yang lebih baik dibanding pria, serta lebih lihai dalam memberikan semangat kepada para pekerja.

10. Wanita berinvestasi lebih baik
Penelitian pada 100 ribu portofolio menunjukkan bahwa investasi wanita lebih menghasilkan dibanding investasi pria. Perbandingannya adalah 18 persen dibanding 11 persen. Hal ini mungkin disebabkan karena wanita lebih berhati-hati dengan keputusan investasinya dan berpikir untuk jangka panjang. (lip6/sab/foto: )