Tip Anti Mual dan Lemas Saat Hamil

28 10 2010

Walau kondisi fisik wanita hamil memang mengalami perubahan di saat hamil, aturan dalam dunia kerja, tidak serta merta mengistimewakannya sebagai individu yang harus diberikan perhatian khusus. Secara formal karyawan wanita yang sedang hamil tetap diperlakukan sama dengan pria atau wanita lain yang sedang tidak hamil.

Kehamilan umumnya dipandang bukan sebagai penyakit, sehingga tidak akan menghambat kinerja karyawan wanita yang sedang hamil. Satu-satunya ‘keistimewaan’ yang diberikan hanyalah pemberian cuti hamil selama 3 bulan. Selebihnya, wanita hamil tetap dianggap dapat menjalankan tugas seperti biasa.

Kalaupun ada dispensasi, biasanya hanya diberikan secara tidak formal. Misalnya atasan tidak akan memberikan beban kerja yang mengharuskan lembur terlalu banyak. Wanita hamil biasanya juga tidak dilibatkan dalam pekerjaan yang membahayakan kandungannya.

Bijak mengatur aktivitas Agar bisa tetap aktif bekerja, seorang wanita hamil memang mesti pandai-pandai mengatur jadual dan aktivitasnya. Kondisi fisik yang mengalami perubahan, sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk menunda-nunda pekerjaan atau memperlambat tempo kerja.

Permintaan dispensasi seperti ini menurut Rima justru akan secara subyektif menurunkan ritme kerja karyawan tersebut. Lebih baik tetap lakukan pekerjaan sesuai target awalnya. Jika memang terdapat keluhan fisik yang sangat mengganggu, misalnya rasa mual atau muntah-muntah yang berlebihan, Anda bisa berbicara dengan atasan untuk mencari solusi yang terbaik. Misalnya, Anda bisa mengatur untuk melakukan aktivitas yang ringan di pagi hari.

Aktivitas yang lebih menantang, bisa digeser ke sore hari, saat kondisi Anda lebih segar dan tidak mual lagi. Anda juga tidak dianjurkan memberi target yang terlalu rendah pada diri sendiri. Langkah seperti ini dapat memelorotkan kadar antusiasme bekerja ke titik terendah, sekaligus memberi ruang pada rasa malas yang seringkali menyerang ibu hamil.

Tubuh wanita hamil, menurut Dr. Soemanadi sebenarnya memang dilengkapi dengan ‘alarm tubuh’. Saat merasa lelah, tubuh biasanya akan mengeluarkan sinyal-sinyal penanda, seperti rasa pegal, lapar atau kantuk. Nah, begitu tanda-tanda seperti ini dirasakan, Anda harus cepat bereaksi.

Segera tinggalkan sebentar kursi kerja Anda untuk sekadar meluruskan tubuh atau berjalan-jalan sebentar di sekitar kantor. Dengan bekal ‘alarm tubuh seperti ini setiap wanita hamil (kondisi kehamilan normal) semestinya bisa mengukur sendiri sampai sejauh mana ia boleh beraktivitas.

Selama tidak terjadi gangguan yang berarti atau kondisi kehamilannya tidak beresiko tinggi, aktivitas fisik seperti naik tangga hingga dua lantai pun sebenarnya tidak jadi masalah. “Selama kondisi tubuhnya baik, maka wanita hamil dapat melakukan aktivitas seperti biasa namun dengan tempo yang lebih lambat atau santai. Jika harus naik tangga misalnya, Anda bisa melangkah dengan santai saja. Berhentilah setelah beberapa langkah untuk mengambil napas.

Setelah itu lanjutkan lagi. Dengan cara ini, target yang dituju bisa dicapai tanpa harus membahayakan kesehatan.” Katanya memberi contoh. Kondisi seperti ini tentu tidak berlaku kepada wanita yang mengalami kehamilan beresiko tinggi. Wanita yang memiliki riwayat keguguran, lama tidak mengandung, perdarahan, ataupun placenta previa (posisi ari-ari berada di bawah sehingga menutupi jalan lahir), memang harus lebih berhati-hati. Setiap aktivitas sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kandungan.

Dokter biasanya akan memintanya mengurangi atau menghentikan aktivitas bila memang terjadi gangguan yang luar biasa, seperti terjadinya perdarahan. Asupan makanan bergizi Modal penting lain yang diperlukan untuk tetap aktif selagi hamil, adalah asupan makanan bergizi. Secara umum, wanita hamil memerlukan asupan protein yang tinggi, baik dari susu, telur, daging, ikan dan kacang-kacangan.

Makanan yang dikonsumsi wanita hamil sebaiknya juga mengandung karbohidrat tinggi serta rendah lemak. Makanan berlemak, terutama gorengan lebih baik dihindari, karena hanya akan menambahkan kalori yang tidak diperlukan tubuh. Tanpa tambahan vitamin atau suplemen sekalipun, seorang wanita hamil sebenarnya dapat beraktivitas normal, selama ia mendapatkan asupan makanan yang bergizi, plus 6 gelas air, dan segelas susu setiap harinya. Jika kebetulan tidak suka dengan susu, Anda dapat menggantinya dengan makanan yang terbuat dari susu seperti keju atau yoghurt.

Banyak pakar juga menganjurkan wanita hamil untuk membawa makanan yang dimasak sendiri di rumah daripada membeli makanan di luar. Selain lebih terjamin kebersihannya, makanan rumah relatif lebih ‘aman’ dibandingkan makanan luar yang mungkin dibubuhi bahan aditif seperti penyedap rasa ataupun perwarna makanan.

Bagaimana jika pada trisemester pertama asupan makanan terganggu karena rasa mual yang berlebihan? Selama masih dalam batas yang wajar, kondisi seperti ini tidak perlu dikuatirkan. Dokter biasanya hanya akan menganjurkan untuk terus mengonsumsi makanan sebagai pengganti makanan yang terbuang keluar.

Untuk menyiasatinya, makanlah secara perlahan dengan suapan kecil saja. Jika tidak tahan dengan aroma makanan tertentu, Anda dapat mengganti makanan dengan jus buah yang dicampur susu. Khusus untuk mengatasi rasa mual, Dr. Soemanadi menganjurkan untuk melatih diri berpikir positif. Sugestikan pada diri sendiri bahwa kehamilan tidak identik dengan serangan rasa mual. Alihkan pikiran ke hal-hal lain sambil menarik dan mengembuskan napas secara teratur.

Jangan lupa mengonsumsi roti kering atau crackers yang dapat menetralisir asam lambung. Rasa mual bisa diminimalkan dengan menghindari makanan berempah, pedas atau asam yang dapat merangsang produksi asam lambung. Rujak- yang selama ini dianggap sebagai obat mual saat ngidam – termasuk dalam daftar makanan yang sebaiknya dihindari saja karena hanya terasa enak di mulut, tetapi tidak ‘ramah’ terhadap lambung.

sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1835140-tip-anti-mual-dan-lemas/

Advertisements




Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

3 09 2010
Mudik adalah salah satu ’ritual’ yang sangat ditunggu-tunggu bagi warga pendatang dari luar daerah ketika liburan panjang atau menjelang hari raya. Namun, dibalik kegembiraan  akan bertemunya sanak saudara di kampung, kekuatiran  akan rumah yang ditinggal beberapa hari juga menjadi persoalan tersendiri bagi pemudik. Tidak sedikit rumah warga yang ditinggal mudik dimasuki oleh maling. Untuk mencegah hal tersebut, simak tips berikut ini:
  1. Hindari hal-hal yang dapat menunjukan bahwa rumah Anda kosong agar tidak menarik perhatian si pencuri. Tindakan tersebut misalnya dengan meminta kepada agen koran untuk tidak mengirimkan koran selama Anda pergi, menggunakan lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri dengan di setting terlebih dahulu waktu yang diinginkan. Selain itu cara lainnya adalah dengan meletakkan sandal/sepatu  didepan pintu rumah.
  2. Jangan biarkan barang-barang berharga seperti uang cash dan perhiasan diletakkan  di  lemari rumah. Sebaiknya uang dan perhiasan ditaruh di bank agar lebih aman.
  3. Pastikan semua pintu dan jendela terkunci sebelum meninggalkan rumah.
  4. Matikan semua listrik yang tidak digunakan, PAM, dan cabut selang gas serta kompor  untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran.
  5. Titipkan rumah kita ke tetangga yang tidak mudik atau informasikan kepada petugas keamanan dilingkungan rumah.
  6. Pasang alarm untuk mencegah masuknya pencuri ke rumah kita.
  7. Jika perlu, pasang camera tersembunyi di titik tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga selama Anda bepergian.Selamat bermudik ria!

(Okliviana/berbagai sumber)





Tips Aman Mudik

2 09 2010

Memang tradisi setiap tahun. Ada sebagian orang yang beranggapan, jika tidak mudik rasanya tidak enak. Karena rasa tidak enak itulah yang akhirnya memunculkan paradigma pada setiap orang, kalau pulang kampung adalah sebuah kewajiban. Orang kaya ataupun orang miskin jika waktunya mudik tiba semuanya ikut andil. Yang mempunyai kendaraan pribadi mungkin agak lebih santai dalam menyiapkan semuanya. Tapi bagaimana jika anda tidak memiliki kendaraan, apakah acara mudik juga gagal dilaksanakan?

Jangan takut untuk tidak bisa mudik, anda tetap bisa mudikdengan aman walaupun dengan menggunakan kendaraan umum. Bis contohnya. Bagaimana agar acara mudik anda dapat berjalan dengan lancar walupun hanya dengan menggunakan angkutan umum, dalam hal ini bis kota?

Jangan jadikan puasa sebagai penghalang mudik anda.
~ Jika anda berpuasa, jangan jadikan puasa anda menjadi penghalang dalam bertemu dengan sanak saudara. Untuk itu, coba cek kondisi tubuh anda apakah dalam keadaan fit atau tidak? Jika dirasa tubuh anda tidak nyaman, jangan memaksakan diri untuk pulang, Karena itu secara tidak langsung akan mengancam keselamatan anda. Kita tau akan kerawanan hipnotis belakangan ini, bahya hipnotis dapat menyerang orang-orang yang banyak melamun. Dan orang yang merasa tidak enak badan, akan cenderung lebih banyak melamun daripada dalam keadaan sadar. Untuk itu anda harus menyiapkan kondisi tubuh yang bugar juah-jauh hari sebelum waktu mudik anda.

Bawalah uang secukupnya saja.
~ Jangan membawa uang terlalu banyak. Bawa uang secukupnya saja, siapkan uang anda dalam ATM dan letakkan ATM anda dalam tempat yang berbeda, jangan letakkan ATM tersebut dalam dompet. Tips ini untuk mengantisipasi bahaya copet yang marak terjadi akhir-akhir ini. Jika anda kecopetan, ATM anda tidak ikut hilang bersamaan dengan hilangnya dompet anda bukan? Prepare kebutuhan dan merencanakan kejadian-kejadian selama anda mudik cukup membantu anda untuk menyediakan uang secukupnya. Selain itu, jangan simpan dompet anda dalam saku celana, simpan dompet dalam tas saja.(saat ini ATM cukup banyak tersedia dimana-mana, bahkan sampai ke beberapa desa pun ATM dapat jelas terlihat)

Perhatikan perhiasan yang anda pakai.
~ Jangan memancing para pencopet dengan menggunakan perhiasan yang sangat mencolok. Apalagi anda wanita dan mudik sendirian. Hal ini akan mengundang pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Tidak ada salahnya juga untuk belajar bela diri, selain untuk menyelamatkan diri anda. Anda juga dapat menyelamatkan orang lain jika sewaktu-waktu anda melihat aksi kejahatan.

Pelajari berbagai modus kejahatan
~ Mempelajari berbagai modus kejahatan yang marak terjadi belakangan ini, hal ini pastinya akan cukup membantu anda untuk lebih waspada dalam kendaraan umum.

Sediakan obat secukupnya.
~ Anda adalah orang yang mudah sakit, pusing misalnya. Coba siapkan obat-obatan yang cocok untuk anda dan letakkan tak jauh dari dalam tas, fungsinya, jika sewaktu-waktu anda butuh. Anda dapat dengan mudah menjangkaunya. Dan usahakan jangan memilih obat yang dosisnya dapat membuat anda mengantuk sepanjang perjalanan.

Mudik di awal waktu.
~ Tidak ada salahnya mudik di awal waktu untuk menghindari desak-desakan antar penumpang yang lainnya. Carilah kondisi aman disaat mobil-mobil belum terlalu ramai terisi.

Pilih yang memakai asuransi.
~ Cari Travel yang menyediakan asuransi bagi penggunanya. Asuransi sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu terjadihal-hal yang tidak diinginkan.

Bawa barang seadanya saja.
~ Bawa barang seadanya. Jangan membawa barang yang anda sendiri tidak sanggup membawanya, hal ini pasti akan menyulitkan anda selama diperjalanan. Mengurutkan barang/muatan berdasarkan tingkat kebutuhan akan sangat memudahkan anda selama diperjalanan. Dan letakkan barang-barang kebutuhan anda pada posisi atau tempat yang paling mudah dikelurkan agar tidak perlu membongkar ulang setiap kali anda membutuhkan sesuatu. Sangat mengefisienkan waktu yang anda punya bukan?

Nomor telepon penting.
~ Catat beberapa nomor telepon penting. Jika sewaktu-waktu di jalan anda mengalami kendala, tidak ada salahnya mengantongi , nomor telpon polisi, Jas marga, atau info tol.

Teman selama perjalanan anda.
~ Perjalanan yang panjang akan membuat anda sangat suntuk di jalan, apalagi jika anda mudik seorang diri. Ingin mengajak orang lain bicara, mungkin anda agak sedikit segan. Tidak ada salahnya untuk mambawa buku bacaan untuk menemani perjalanan mudik anda. Selain itu jika anda gemar mendengarkan musik melalui HP usahakan membawa beberapa baterai cadangan, agar jika sewaktu-waktu baterai anda habis, anda tidak perlu pusing jika ingin menggantinya. Selain itu tidak ada salahnya untuk membawa Mp3 player, jika anda tidak ingin batere handphone yang anda punya habis sia-sia.Kapasitas dalam MP3 tentunya lebih banyak diandingkan anda menyimpannya dalam Handphone.

Tinggalkan pesan pada orang-orang disekitar anda.
~ Sebelum anda mudik, ada baiknya anda menitipkan pesan pada orang yang dapat anda percayai. Jangan menitipkan kunci rumah pada orang yang tidak amanah. Anda dapat menitipkan kunci tersebut pada petugas RT atau petugas keamanan yang sering berjaga-jaga di komplek perumahan anda. Selain itu mintalah pada petugas tersebut untuk menyalakan lampu rumah pada jam-jam tertentu, jangan sampai rumah anda terlihat tak berpenghuni karena ditinggalkan pemiliknya.
Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat bagi Anda. Selamat Mudik!





Seorang Ibu Nekad Tenggak Racun Tikus dengan Mengajak 2 Putrinya

4 08 2010

indosiar.com, Lumajang – Gara-gara terbelit hutang rentenir, seorang ibu rumah tangga di Lumajang Jawa Timur nekat bunuh diri dengan meneggak racun. Tragisnya lagi, sang ibu juga mengajak dua anaknya yang masih kecil untuk minum racun bersama. Beruntung aksi nekat perempuan dan dua anaknya ini diketahui tetangganya sehingga cepat dibawa ke rumah sakit.

Ketiga korban bunuh diri, masing-masing Reni Yuliana, bersama kedua anaknya, Ragil Febrianti, 6 tahun, dan Fafa Sahara, 3 tahun, warga Tempeh Lumajang hingga Selasa (03,08,10) kemarin masih dirawat di rumah sakit setempat. Menurut sejumlah saksi, Reni Yuliana, nekat tenggak racun tikus Selasa pagi di rumahnya. Reni tidak sendiri, ia juga mengajak kedua puterinya yang masih kecil untuk minum racun tikus.

Jerit tangis kesakitan bocah tak berdosa ini membuat tetangga curiga dan langsung mendatangi rumah korban. Saat itu juga korban dilarikan ke Puskesmas untuk mendapatkan pertolongan. Karena tak sanggup menangani, korban kemudian dirujuk ke rumah sakit umum.

Dugaan sementara, korban nekad mengakhiri hidupnya dengan racun tikus karena tak kuasa menanggung beban hutang. Sementara untuk menyampaikan keluhan itu kepada suaminya, Reni tidak berani, karena suaminya hanya sebagai sopir truk dengan gaji tak seberapa dan mutahil bisa menutup semua beban hutang-hutangnya.

Aparat kepolisian dari Polsek Tempeh Lumajang langsung menggelar olah TKP. Polisi menemukan barang bukti berupa gelas, sendok bekas racun, dan kulit kelapa muda yang digunakan tetangga korban untuk memberi pertolongan darurat. Dari keterangan yang berhasil dihimpun polisi, mereka minum racun tikus sebanyak 10 bungkus. (Nursalim,Sup)





Petunjuk Aman Penggunaan Gas Elpiji 3kg

18 07 2010

Silahkan di download Gratis..!

Petunjuk Aman Penggunaan LPG 3 Kg-1





Dari Pulau Buru Menjadi Penyelamat Anak Autis Hiperaktif

10 07 2010

Bersahaja. Kesan itulah yang terpancar kuat dari sosok Eko Tunggono. Dengan tubuh sedang namun kokoh dan kulit yang legam terbakar matahari Eko Tunggono lebih mirip seorang petani daripada seorang akupunturis mumpuni.

Namun kesan itu tak sepenuhnya keliru. Jauh sebelum…

Ingin Pesan Hub. 0857 1533 9772





10 tips agar menjadi wanita yang mandiri

5 07 2010

Tips, cara agar menjadi wanita yang mandiri. Jadi cewek mania? Udah bukan jaman deh. Sebaliknya, yang dibutuhin saat ini adalah kemandirian. Emang nggak gampang sih melakukannya. Tapi, jadi cewek mandiri, banyak manfaatnya Iho. Mau tahu caranya:

1. Hal Sepele
Kalo bisa, untuk menyelesaikan hal sepele seputar pribadi kamu nggak perlu dech minta bantuan orang lain. Selesaikan sendiri. Misalnya bersihkan kamar en beresin meja belajar. Toh, itu wilayah privacy kamu juga khan?


2. Be A Tuff Girl
Sebagai cewek, emang kamu identik dengan sikap lemah lembut. Tapi jangan karena stereotipe itu kita malah terkesan lemah en manja. Sekali waktu kita juga kudu bisa tunjukkin kalo kita kuat. Tunjukkin kalo kamu adalah tuff girl yang nggak gampang menyerah dalam segala hal.

3. Jangan Bergantung
Biasanya, kamu yang baru mulai beranjak dewasa sering tergantung banget ama ortu. Apa-apa maunya ama ortu, kemana-mana minta dianter. Emang itu baik sich, tapi kalo udah jadi kebiasaan yang keterusan selain ngerepotin ortu, kapan kamu belajar mandirinya?

4. Tekan Ego.
Untuk jadi mandiri, kamu juga kudu menekan ego kamu. Jangan maunya menang sendiri. Kalo kamu biasa egois, bakal jadi manja tuch. Semua maunya diturutin. Itu yang dilarang banget dalam proses belajar menuju cewek mandiri.

5. Jangan Main Perintah.
Nah, ini juga penting. Jangan sukanya main perintah, baik ama sodara, ortu or pembantu sekalipun. Biarpun mereka memang dibayar buat ngebantu urusan rumah tangga, selama kamu bisa ngerjain sendiri ya kerjakan aja. Don’t be lazy girl.

6. Selesaikan Tugas.
Mandiri berarti kamu juga punya tanggung jawab. Jadi untuk belajar mandiri, kamu juga kudu belajar buat bertanggung jawab ama tugas kamu. Tentunya kamu harus menyelesaikan tugas kamu sendiri. Kalo dari awal udah biasa nyontek en tergantung ama temen, wan., bisa keterusan males berusaha dech.

7. Jadi Pemimpin.
Pasti bingung, apa hubungannya pemimpin dengan mandiri. jangan salah, seorang pemimpin dituntut untuk bisa mandiri. Selain bisa mengurus diri sendiri, pemimpin juga diharuskan bisa mengurus anak fouahnya. Makanya, kalo dicalonin jadi ketua kelas or ketua OSIS, kamu nggak perlu takut. Ambil aja kesempatan itu. Bisa juga Iho dijadiin media buat belajar mandiri.

8. Kegiatan Out Door.
Kalo di rumah mungkin kamu udah ngerasa mandiri, kamu juga perlu buat ngetes sampe seberapa kemandirian kamu. Mi-salnya, kamu bisa ikutan kegiatan outdoor. Beberapa hari jauh dari ortu bisa buat kamu sadar kalo kemandirian itu penting. Karena di sana terpaksa kamu dituntut buat bisa ngelakuin semuanya sendiri tanpa bantuan ortu.

9. Dengar Pendapat.
Mintalah pendapat dari ortu or temen deket. Apakah kamu udah termasuk mandiri. Karena mereka yang tahu gimana kamu sehari-harinya. Dengan mendengar pendapat en masukan dari keluarga juga orang terdekat, pasti bisa membantu kamu buat lebih mandiri lagi.

10. Minta bantuan.
Bukan karena pengin dibilang cewek mandiri, kamu jadi nggak mau sama sekali minta bantuan orang lain. Sesekali kamu boleh kok minta bantuan orang. Apalagi kalo kamu ngerasa nggak mampu menghandle, nggak perlu malu dech

Nah, itulah 10 tips agar menjadi wanita yang mandiri. Selamat mencoba..!

sumber:1puisi.blogspot.com